Musik Rindik Bali Meriahkan Hari Jadi Konfederasi Kanada ke-150

Sabtu, 17 Juni 2017 - 11:33 WIB
Musik Rindik Bali Meriahkan Hari Jadi Konfederasi Kanada ke-150
Musik Rindik Bali Meriahkan Hari Jadi Konfederasi Kanada ke-150
A A A
JAKARTA - Vancouver Inter-Cultural Orchestra (VICO) menyelenggarakan Global Soundscapes Festival di Vancouver pada 6-11 Juni 2017. Perhelatan itu sebagai salah satu dari rangkaian perayaan Hari Jadi Konfederasi Kanada ke-150.

Global Soundscapes Festival 2017 bertemakan "Hands On!" ini khusus mengangkat musik perkusi lintas budaya, antara lain dari China, Taiwan, Iran, India, Jepang, Timur Tengah, Amerika Latih, Kanada, dan Indonesia.

Perhelatan berlangsung selama 6 (enam) hari di Revue Stage, Granville Island, Vancouver, Global Soundscapes Festival. Musisi yang hadir dari berbagai komunitas seni di Metro Vancouver dan luar Kanada untuk tampil menyajikan keindahan beragam musik perkusi dari berbagai budaya kepada khalayak di Vancouver.

Gamelan "Turtle Bliss", sub-grup Gamelan Alligator Joy - komunitas gamelan Vancouver, turut ambil bagian dalam Global Soundscapes Festival ini pada 9 Juni 2017 dengan menampilkan musik gamelan Bali.

Gamelan Turtle Bliss yang terdiri atas lima anggota gemelan Alligator Joy membawakan musik rindik Bali yang terdiri atas 3 repertoire klasik orisinil dan 3 repertoire kontemporer berkolaborasi dengan biola dan cello.

Pada setengah jam pertama, Gamelan Turtle Bliss membawa penikmat musik di Revue Stage ke suasana pedesaan Bali yang damai dan asri dengan lantunan rindik berjudul Sekar Senat, Rebong dan Tulang Lindung. Sesi selanjutnya, berkolaborasi dengan 2 (dua) musisi klasik lokal, Gamelan Turtle Bliss berhasil memadukan rindik Bali dengan musik western classic.

Antusiasme dan apresiasi atas musik tradisional Bali tampak dari riuh tepuk tangan penonton yang menutup penampilan Gamelan Turtle Bliss yang dihadiri tak kurang dari 40 pengunjung.

Gamelan Turtle Bliss dipimpin oleh Michael O'Neill, salah satu penggagas Gamelan Alligator Joy yang aktif berkesenian memainkan gamelan Madusari, gamelan hibah pemerintah Indonesia pada penyelenggaraan World Expo di Vancouver tahun 1986.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4951 seconds (0.1#10.140)